Situasi Terkini PT GNI Kondusif, Kabid Humas Polda Sulteng : Jangan Terprovokasi dengan Informasi yang Salah

Pasca kerusuhan yang terjadi di area smelter nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), di Desa Bungintimbe, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu 14 Januari 2023 lalu, tampak situasi saat ini dalam keadaan kondusif.

Tampak sejumlah petugas gabungan dari TNI maupun Polri melakukan pengamanan ketat di sekitar area perusahaan PT GNI.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, S.I.K, M.H mengatakan bahwa situasi di Kabupaten Morowali Utara khususnya di sekitar area perusahaan PT GNI saat ini sudah mulai dalam keadaan kondusif.

“Terkait pasca kerusuhan, saat ini telah dilakukan pemeriksaan kepada warga sebanyak 71 orang yang di anggap terlibat kerusuhan di PT GNI,” ucapnya.

Kabid Humas menyebutkan bahwa 71 orang yang diamankan itu, 33 orang telah dilakukan pemeriksaan, dimana 17 diantaranya telah ditetapkan tersangka pengrusakan.

“16 orang lainnya diminta wajib lapor,” ungkap Kabid Humas Polda Sulteng.

Kabid Humas juga menyebutkan hari ini akan digelar rapat yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Morowali Utara bersama unsur forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para Kades dilingkar perusahaan tambang.

“Semoga ada hasil yang positif untuk menyelesaikan masalah ini,” tambahnya.

Kabid Humas juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan adanya informasi-informasi yang tidak benar terutama yang ada di media sosial yang menyebutkan bahwa adanya korban perempuan, ada yang dimakamkan di Poso dan lain sebagainya.

“Terkait dengan tenaga kerja asing, tidak ada tenaga kerja asing yang diungsikan, semua berada di mess dan dalam pengamanan pihak Kepolisian dan TNI,” pungkasnya Kabid Humas.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *