Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 0509/Bekasi

 

Mascipol,Bekasi – Guna mengantisipasi bencana yang terjadi diwilayah kabupaten Bekasi, Kodim 0509/Bekasi hari ini melaksanakan kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana tahun anggaran 2022 di Danau Telaga Harmoni Pasir Raya, Desa Sukasari,Kecamatan Serang Baru. yang bertajuk “Bersama TNI Meningkatkan Kesadaran Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengahadapi Terjadinya Bencana Alam”.

Kegiatan tersebut dihadiri BPBD Kabupaten Bekasi, Danramil 12/Serang Baru, Kapolsek Serang Baru, Camat Serang Baru, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Kepala Desa, Minggu (31/07/2022).

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama dan penanaman pohon tersebut, dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0509/Bekasi Mayor Inf Dasim.

Dandim 0509/Bekasi Letkol Inf Horison Ramadhan melaluii Kepala Staf Kodim 0509/Bekasi menyampaikan, bahwa Kabupaten Bekasi adalah salah satu daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana banjir yang cukup tinggi terutama wilayah sungai Citarum Harum dan dataran rendah.

“Dari data yang kita peroleh dari BPBD Kabupaten Bekasi, wilayah Kabupaten Bekasi terutama sekitar sungai Citarum Harum dan dataran rendah memiliki tingkat kerawanan bencana banjir yang cukup tinggi, terkait hal ini,perlu adanya perhatian yang besar dalam menanggulangi peristiwa banjir tersebut,” ucap Kasdim, Mayor Inf Dasim.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan, dalam kegiatan tersebut, setiap peserta diberikan pemahaman terkait tanggap darurat bencana. Terutama pada saat terjadi bencana banjir yang dinilai menjadi permasalahan yang selalu terulang di setiap tahunnya.

“Gladi latihan gabungan dirangkaikan dengan acara sosialisasi dan simulasi evakuasi korban banjir,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi Muhammad Said .

“Materi yang akan disampaikan diantaranya, pengelolaan posko tanggap darurat, kajian dan data kebencanaan, managemen distribusi logistik pada saat tanggap darurat, latihan pertolongan pertama gawat darurat dan latihan penyelamatan korban bencana banjir,” pungkas Said. (Wati)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *